hasil bumi kediri   Leave a comment

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut di atas, sebagai langkah awal Pemerintah Kabupaten Kediri sedang membangun Pusat perdagangan (Trade Centre),   Simpang Lima Gumul (SLG) untuk tahap awal dengan luas 37 hektar dan dapat terus berkembang sesuai kebutuhan. Konsep penataan kawasan ini adalah blok massa (bangunan) dengan pola radial dan di  pusatnya terdapat sebuah monumen.  Adapun monumen tersebut dibangun menyerupai Arc de’ Triomphe seperti yang terdapat di Kota Paris, Perancis, yang sekarang ini tahap pembangunan monumen sudah mencapai 95 %.
Bangunan di sekitar Trade Centre -SLG didesain bergaya kontemporer dengan aksen-aksen bernuansa Eropa Barat (perancis) yang terintegrasi dalam suatu kawasan bisnis yang berkesinambungan antara  satu dengan yang lainnya. Dengan adanya pembangunan Trade Centre -SLG tersebut maka investasi di bidang perhotelan, mall, pertokoan dan pusat grosir sangat prospektif. Kegiatan perekonomian di Jawa Timur selama ini terfokus di Kota Surabaya yang merupakan ibu kota propinsi sekaligus pusat perdagangan yang mempunyai fasilitas-fasilitas yang lengkap dan memadai. Kondisi yang terjadi sekarang ini adalah bahwa para pelaku usaha yang berasal dari daerah Jawa Timur bagian barat bila melakukan kegiatan belanja barang (kulakan) untuk kebutuhan di daerahnya harus pergi ke pusat-pusat grosir yang ada di Surabaya. Hal ini disebabkan di wilayah Jawa Timur bagian barat belum tersedia pusat grosir.

Adanya potensi jumlah penduduk  yang cukup besar di Jawa Timur Bagian barat, sangat rasional bila di wilayah Kabupaten Kediri dibangun lembaga pendidikan setingkat Perguruan Tinggi khususnya PTN. Hal ini cukup beralasan mengingat selama ini masyarakat yang ingin menempuh kuliah harus pergi ke Surabaya atau Malang, bahkan ke Jawa Tengah (Solo dan Jogyakarta)

Apabila proses pembangunan sebagaimana  tersebut di atas sudah selesai, maka di Jawa Timur Bagian Barat akan muncul sentra ekonomi baru  yang terintregrasi sebagai pusat perdagangan, agrobisnis dan agroindustri  yang didukung dengan tempat wisata yang menarik dan alami serta tersedianya lembaga pendidikan yang representatif.

Posted Oktober 14, 2010 by dedykurniahermawan in umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: